Berikut 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tahapan Skin Care, Yakin Udah Benar?

Semakin banyak dan bervariasinya produk skin care saat ini. Dengan banyaknya jenis dan merek dari produk skin care, kita juga tertarik untuk mencoba dan membeli produk-produk baru yang menarik. Otomatis kita akan mengganti produk skin care yang dulu dengan yang baru, tetapi ada yang membuat wajah kita menjadi berjerawat atau bermasalah. Mungkin saja itu karena tidak cocok atau juga bisa karena kita salah dalam menggunakannya.

Kali ini kita akan membahas apa saja tahapan menggunakan skin care yang sering salah dilakukan. Berikut 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tahapan Skin Care

1. Memilih Produk yang Tidak Sesuai Tipe Kulit
Banyak produk skin care baru yang menarik perhatian para wanita. Tetapi tidak semua produk bisa digunakan untuk semua tipe kulit, ada produk-produk yang ditujukan untuk 1 jenis kulit saja. Oleh karena itu, sebelum kita membeli produk skin care ada baiknya mengetahui jenis kulit terlebih dahulu agar tidak salah dalam membeli produk. 

Sebaiknya kita juga lebih selektif dalam memilih produk agar tidak salah. Kita bisa membaca dulu kandungan dan jenis kulit yang dituju produk. Sehingga dengan begitu kita tidak akan salah dan rugi untuk membeli produk tersebut.

2. Mencuci Wajah Dulu Saat Mandi
Ketika mandi mencuci muka dilakukan pertama atau paling terakhir ya? 

Jawabannya adalah mencuci muka sebaiknya dilakukan paling terakhir saat mandi. Kenapa? Karena jika kita mencuci wajah pertama kali saat mandi, setelah itu wajah kita memegang sabun atau peralatan mandi lainnya lalu menyentuh wajah kita yang sudah dicuci akan membuat wajah kembali kotor. Selain itu, ketika kita keramas kandungan yang ada di sampo yang mungkin tidak diperlukan wajah ketika dibilas airnya akan mengalir mengenai wajah kita. Dengan begitu kandungan pada sampo yang tidak diperlukan wajah juga akan mengenai wajah kita. 

Jadi sebaiknya, mencuci wajah sebaiknya dilakukan paling terakhir ya.

3. Terlalu Sering Mengeksfoliasi Wajah
Jika sering mencuci wajah saja tidak dianjurkan karena akan membuat kulit kering dan lebih banyak memproduksi minyak. Apalagi jika sering mengeksfoliasi wajah, hal itu bisa membuat kulit kita iritasi. 

Sebaiknya untuk pemula bisa mencobanya dengan melakukan eksfoliasi seminggu sekali, jika dirasa tidak ada keluhan bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Bagi yang merasa kulitnya sensitif atau dengan eksfoliasi seminggu sekali cukup kalian tidak perlu melakukannya berlebihan. 

4. Tidak Pakai Toner
Apakah menggunakan toner itu penting?

Jawabannya sangat penting karena setelah mencuci wajah pH kulit kita tidak seimbang dan disitulah toner digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah kita.

Untuk toner yang baik yaitu yang mengandung AHA/BHA dan yang tidak mengandung alkohol. Jika kalian pemilik kulit sensitif jangan menggunakan toner yang mengandung alkohol atau gunakanlah toner yang menggunakan bahan alami dan bebas alkohol.

5. Tidak Pakai Sunscreen
Di dalam maupun di luar ruangan, sunscreen wajib digunakan. Karena semakin siang pengaruh buruk dari sinar matahari semakin tinggi. Jika tidak menggunakan sunscreen bisa menyebabkan flek-flek hitam pada wajah, iritasi, dan jika terlalu panas bisa membuat wajah kita seperti terbakar. 

Jadi mau di luar atau di dalam ruangan jangan lupa untuk menggunakan sunscreen. Untuk kalian yang sering menghabiskan waktu di dalam ruangan SPF 30 sudah cukup melindungi wajah dari paparan buruk sinar matahari. Bagi yang sering menghabiskan waktunya di luar ruangan membutuhkan SPF yang lebih tinggi, setidaknya SPF 50+ bisa membantu untuk mencegah pengaruh buruk sinar matahari.

6. Menambahkan Bedak Berlebihan di Wajah yang Berminyak
Penampilan sangat penting, terutama bagian wajah. Ketika seseorang berbicara mereka akan melihat ke arah kita. Maka dari itu, merias wajah juga perlu. Bedak salah satu produk wajib yang digunakan untuk make up. Ada berbagai jenis bedak mulai dari loose powder, compact powder, mineral powder, liquid powder dan masih banyak lagi. 

Untuk yang memiliki kulit berminyak disarankan untuk menggunakan loose powder karena sifatnya yang menyerap minyak dan tidak cracky jika digunakan.

Penggunaan bedak sebaiknya tidak berlebihan agar tidak terlihat cracky nantinya. Apalagi jika wajah kita mulai berminyak sebaiknya jangan menambahkan bedak untuk menutupi minyak di wajah. Hal itu bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat dan komedo. Alangkah baiknya jika wajah sudah mulai berminyak kalian bisa menggunakan face paper. 

7. Memakai Skin Care Berlebihan
Memiliki wajah yang sehat dan terbebas dari masalah kulit pada wajah adalah dambaan semua wanita. Saat ini berbagai macam produk skin care dari yang murah sampai yang mahal pun ada. Untuk memiliki wajah yang sehat kita tidak boleh lupa untuk menggunakan skin care secara runtut.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan skin care harus dilakukan secara rutin. Tetapi kadang kita tidak sabar untuk mendapatkan hasil maksimalnya. Kadang kita mengganti produk atau menggunakan produk secara berlebihan dengan maksud supaya hasil yang kita inginkan bisa dengan cepat terlihat. Tetapi itu salah, karena penggunaan yang berlebihan tidak akan mempercepat prosesnya. Hal itu malah membuat kita boros karena produk akan lebih cepat habis.

Sebaiknya gunakan produk skin care secukupnya saja ya.

8. Sering Lupa Menggunakan Make Up Remover
Ketika kita berdandan dan melakukan kegiatan seharian, saat sampai di rumah sudah capek dan malas untuk membersihkan make up. Tetapi hal itu tidak patut ditiru karena tumpukan make up, kotoran, dan debu masih menempel pada wajah kita.

Perilaku tersebut jika dilakukan terus menerus akan menumpuk, membuat pori-pori wajah tersumbat dan akan menyebabkan jerawat dan komedo.

Jika malas kita hanya akan mencuci muka tanpa menggunakan make up remover. Mencuci muka saja sebenernya tidak cukup untuk menghapus dan membersihkan dari make up, debu, dan kotoran di wajah kita. Untuk membersihkan semua itu pakai make up remover. Produk tersebut sudah cukup untuk membersihkan make up dan kotoran di wajah kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Organisasi-Organisasi PBB

TUGAS 1 PENDIDIKAN KONSERVASI KELOMPOK 1